Wednesday, September 13, 2006

Berkurangkah ASI saya...?

Sumber artikel : http://www.kellymom .com/bf/supply/ breast-fullness. html

Tolong....payudara saya terasa kosong ! Berkurangkah ASI saya ?!
By Kelly Bonyata, BS, IBCLC

Setelah 6-12 minggu pasca melahirkan, normal loh jika ibu merasa payudaranya terasa gak penuh atau kosong

Banyak ibu yang mengkhawatirkan produksi ASInya diawal-awal masa menyusui. Umumnya mereka merasa ASI yang dipompa lebih sedikit atau payudara terasa lebih "lunak" atau "kosong". Kondisi ini normal terjadi. Umumnya payudara terasa lebih lunak dari beberapa minggu sebelumnya. Meskipun jeda menyusui cukup panjang, ibu merasa payudaranya terasa sedikit penuh. Tidak sepenuh minggu-minggu sebelumnya.

Di awal masa menyusui, ibu seringkali merasa payudaranya penuh (bahkan bengkak). Kondisi ini sebetulnya bukan kondisi yang normal terjadi selama masa menyusui. Karena pada masa tsb, payudara belum menyesuaikan jumlah ASI yang dibutuhkan bayi. Di awal masa menyusui, umumnya payudara ibu akan memproduksi ASI lebih dari jumlah yang dibutuhkan bayi. Hingga pada titik tertentu, yaitu sekitar 6-12 minggu (bahkan lebih pada beberapa ibu), jumlah ASI yang diproduksi relatif mulai menyesuaikan dengan jumlah ASI yang dibutuhkan bayi. Akibatnya, payudara ibu terasa tidak penuh seperti sebelumnya, lunak bahkan terasa "kosong". Di masa ini, umumnya rembesan ASI tidak lagi terjadi. Ibu relatif sulit merasakan efek let-down (ASI yang mengalir). Dan jika ibu memompa atau memerah ASI, ibu akan mendapatkan ASI dalam jumlah yang tidak sebanyak sebelumnya.

Kondisi ini bukan berarti menandakan bahwa produksi ASI menurun. Tetapi organ produksi ASI telah menghitung dan mendapatkan berapa banyak ASI yang dibutuhkan oleh bayi selama ia menyusu. Sehingga ASI berlebih yang sebelumnya diproduksi akan dihentikan dan payudara tidak lagi membuat kelebihan ASI. Perubahan ini terjadi secara perlahan dan tidak terasa oleh ibu. Umumnya ibu tidak mengerti atau menyadari bahwa hal ini normal terjadi. Sehingga banyak juga ibu yang menyapih anaknya atau memberikan asupan selain ASI bagi bayinya. Karena mereka menganggap bahwa ASInya berkurang, kering atau berhenti memproduksi ASI.
Mengapa hal ini bisa terjadi ?! Mengapa produksi ASI di awal masa menyusui berlimpah dan berkurang secara bertahap sesuai dg kebutuhan bayi ?!
Umumnya jumlah ASI yang diproduksi tergantung dari berapa banyak ASI yang dibutuhkan bayi. Namun hal ini tidak 100% terjadi di awal masa menyusui. Pengaruh dari ekstra hormon pasca melahirkan menyebabkan ibu memproduksi ASI lebih dari jumlah yang dibutuhkan bayi. Perubahan kadar hormon pasca melahirkan akan memicu organ produksi ASI untuk menghasilkan ASI berlebih. Di minggu-minggu pertama, kadar prolaktin lebih tinggi dari biasanya hingga nantinya secara bertahap akan menurun hingga kadar normal produksi ASI. Saat ini lah tubuh akan menyesuaikan produksi ASI sesuai dengan kebutuhan bayi. Jadi sekarang ibu sudah mengerti dan tidak perlu khawatir lagi kan ?! Selamat menyusui !

Dimodifikasi : 10/10/2005
Ditulis : 1/20/03
(Artikel ini diterjemahkan bebas oleh Luluk Lely Soraya I, September 2006)

1 Comments:

Blogger calixtedahlquist said...

Wynn Las Vegas and Encore | JAMH Hub
Wynn's new location offers a 포천 출장샵 complete experience 통영 출장안마 to your 목포 출장안마 next 태백 출장안마 event at Encore Las Vegas and Encore Resort. We've 전라북도 출장샵 hand-picked a unique mix of

6:13 PM  

Post a Comment

<< Home