Wednesday, September 13, 2006

Kolostrum Si Cairan Emas

Cari tahu apa itu kolostrum dan manfaatnya yuk !
Ilustrasi diambil dari Tabloid Nakita

Sedikit jumlahnya, kaya kandungannya

Sesaat setelah ibu melahirkan, seluruh organ produksi ASI akan memproduksi cairan yg amat sangat berharga, yaitu kolostrum. Jangan bayangkan kolostrum berwarna putih susu. Cairan ini berwarna kuning hingga oranye, kental, lengket dan terkadang bening. Jumlahnya pun hanya sekitar 3-5 sdt. Namun meski sedikit, kolostrum amat padat dg nutrisi utk bayi baru lahir. Cairan ASI di hari-hari pertama ini kaya akan karbohidrat, protein dan amat kaya akan antibodi yg melindungi bayi dari terkena berbagai penyakit infeksi. Kolostrum ini merupakan makanan sempurna yg amat sgt disesuaikan bagi bayi. Kolostrum yg dihasilkan ibu dg bayi prematur akan beda dg kolostrum yang dihasilkan ibu dengan bayi cukup bulan.

Karena jumlahnya yang sedikit dan berwarna bukan putih susu ini, seringkali ibu merasa ASInya belum keluar. Sehingga banyak ibu yang ragu hingga si kecil diberikan susu formula. Selain itu, sekali lagi meski jumlah kolostrum relatif minim jumlah itu jelas sangat mencukupi lambung bayi yang memang masih mini.

Kolostrum bikin bayi sering BAB

Di minggu-minggu pertama usia bayi baru lahir, jangan kaget jika si kecil bolak balik Buang Air Besar (BAB).

Selain memberikan perlindungan akan berbagai penyakit infeksi, kolostrum juga memiliki efek laksatif (obat urus-urus) yg akan membantu bayi mengeluarkan tinja dari sistem pencernaannya. Sehingga efeknya juga akan membantu mengeluarkan bilirubin dari darah dan melindungi bayi dari kuning (jaundice).

Setelah sekitar 1-2 mg, organ produksi ASI akan memproduksi asi matang (mature milk). Selama masa transisi ini, konsentrasi antibodi dalam ASI akan berkurang, tapi volumenya meningkat.

Dan secara bertahap volume akan meningkat dan warna dari ASI mulai terlihat lebih putih dan lebih encer. Pada masa-masa spt ini berikan ASI sesering mungkin, jangan dibatasi. Biasanya ibu akan menyusui 8-12 kali atau lebih. Makin sering disusui, makin banyak ASI yg diproduksi ! Sisi lain tentu saja, payudara bengkak dapat dihindari.

Kehebatan kolostrum

Kolostrum bukan hanya nutrisi sempurna bagi bayi anda, tetapi juga kandungannya yg amat kaya akan zat anti kuman yang melindungi bayi dari berbagai macam penyakit. Kolostum memiliki kandungan zat imun yg jauh lebih tinggi dari ASI matang (ASI setelah kolostrum).

Kolostrum mengandung sejumlah besar antibodi yang disebut dengan IgA (secretory immunoglobulin A ). Sebelum bayi lahir, ia akan mendapatkan antibodi lain, IgG, melalui plasenta. IgG bekerja melalui sistem sirkulasi bayi, tetapi IgA akan melindungi bayi dari serangan kuman di daerah membran mukus di tenggorokan, paru-paru dan usus.

Kolostrum juga memiliki peranan penting dalam sistem pencernaan bayi. Usus bayi baru lahir umumnya amat rentan / "berlubang-lubang" (very permeable). Kolostrum akan menutup lubang-lubang di saluran pencernaan dengan membuat benteng yang akan mencegah masuknya substansi asing masuk.

Kolostrum juga mengandung kaya akan lekosit, sel darah putih yang akan menghancurkan bakteri jahat dan virus.

Kurang lebih 2 minggu setelah bayi lahir, secara perlahan kolostrum akan berubah menjadi ASI matang. Selama masa transisi ini zat antibodi dalam ASI relatif menurun, tetapi jumlahnya makin banyak karena ASI dibuat makin banyak. Bahkan selama bayi masih mendapatkan ASI, maka ia akan mendapatkan zat anti imun untuk melawan bakteri jahat dan virus. Jadi karena ASI itu emas, ayo kita perlakukan ia selayaknya emas. Kita gali dan produksi sebanyak-banyaknya. Hingga si kecil mendapatkan manfaat dan kehebatan ASI selama mungkin.

Ditulis bebas oleh Luluk Lely Soraya I, September 2006

Referensi artikel :

What is colostrum? How does it benefit my baby? (http://www.lalechel eague.org/ FAQ/colostrum. html)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home